Gemuk Bukan Takdir

(foto:obesitas.web.id)

(foto:obesitas.web.id)

Banyak anggapan bahwa obesitas dipengaruhi oleh faktor turunan. Kalau bapak atau ibunya atau keduanya memiliki berat badan over size, otomatis akan menurun pada anaknya. Dan anggapan salah selanjutnya adalah gemuk karena faktor turunan ini akan sulit untuk diatasi, karena sudah dari sana Nya alias takdir? ini dia penjelasan ilmiahnya…

Kegemukan merupakan masalah kompleks yang disebabkan oleh beberapa faktor. Kegemukan dapat disebabkan oleh sifat alami yang dibawa oleh gen atau faktor keturunan. Gemuk alami dibawa oleh gen pembawa sifat gemuk yang di turunkan oleh orangtua, sedangkan gemuk tidak alami dapat terjadi karena faktor di luar gen seperti kebiasaan orangtua yang ditularkan kepada anaknya, misalnya pola makan, malas bergerak, dan penyakit tertentu.

Berbagai studi kasus kegemukan menjelaskan bahwa persentase gemuk alami jauh lebih kecil dibandingkan dengan gemuk tidak alami. Artinya, takdir gemuk sebenarnya sangat jarang terjadi. Coba amati! Banyak keluarga yang kedua orangtuanya gemuk, tetapi memiliki anak yang kurus dan sebaliknya. Tubuh gemuk yang selama ini banyak dialami masyarakat bukanlah gemuk alami yang disebabkan oleh gen secara turun temurun. Ada faktor lain yang mempengaruhi seseorang menjadi gemuk meski cetak biru yang dimiliki tidak mengarah menjadi gemuk, yaitu pola hidup (life stye) individu yang bersangkutan. Jadi, penyebab kegemukan terbanyak adalah akibat kelebihan makan dan kurang bergerak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *





You might also likeclose