Makanan Pedas Bisa Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa fakta unik tentang makanan pedas,yuh kita cari tahu…

Pasti ngga enak rasanya kalau kita makan rendang tapi tidak pedas, atau makan tahu tempe tanpa sambal, selain untuk menambah rasa, ternyata makanan pedas juga banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Kabar gembira bagi Anda yang berprinsip tiada hari tanpa makanan pedas karena kegemaran ini bisa berubah menjadi manis untuk kesehatan. Rasa pedas di lidah bukan hanya efektif menambah nafsu makan, tapi juga berkhasiat mengatasi jumlah keluhan penyakit,dan terutama dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi bagi Anda penggemar makanan pedas dan punya masalah dengan berat badan,simak baik-baik penjelasan berikut ini.

makanan pedas bisa menurunkan berat badan

Selama beratus-ratus tahun, cabai telah digunakan sebagai obat untuk peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak dan juga mengeluarkan toksin atau racun dari tubuh.

Tentu saja, makanan pedas ini harus dikonsumsi secara tepat dan bijak (tidak berlebihan), terutama jika anda memiliki perut yang sensitif atau tidak bisa mentoleransi makanan pedas,misal penderita magh akut. Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat, berikut di antaranya:

1. Dapat menurunkan berat badan

Cabai mengandung capsacin yang akan mempercepat metabolisme pencernaan dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak jantung. Lebih jauh lagi, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2. Menyehatkan Jantung

Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4. Anti-kanker

Banyak penelitian menunjukkan apabila kita konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi cerna

Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakter H. pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

9. Melancarkan pernapasan

Makanan pedas bertindak seperti ekspektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinuistis, dan penyakit pernapasan lainnya untuk bernapas lebih baik.

Insya Allah

Sumber: Majalah Gerimis

(zafaran/muslimahzone.com)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *





You might also likeclose