Masakan Rumah Mencegah Obesitas

(foto:whytoread.com)

(foto:whytoread.com)

Ada penemuan yang cukup menarik mengenai keterkaitan antara masakan rumah dengan obesitas. Ternyata berdasarkan riset tahun 2003 yang dilakukan pakar ekonomi dari Harvard, David Cutler, menemukan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk meyiapkan dan mengolah masakan, maka semakin berkurang pula risiko pengomsumsi hidangan tersebut terkena obesitas.

David mengungkapkan, peningkatan angka kebiasaan makan diluar rumah, erat kaitannya dengan obesitas. Ini karena hidangan yang diproduksi secara massal secara otomatis membuat usaha yang dikeluarkan saat pembuatannya pun berkurang. Restoran pada umumnya terutama yang mengusung konsep cepat saji tidak memperhatikan kandungan gizi dalam seporsi makanan.

Mengomsumsi makanan buatan rumah, membuat pola konsumsi dan cakupan gizi lebih terkontrol. Untuk menyajikan hidangan rumah (homemade food) yang sehat dan sesuai dengan angka kecukupan gizi, membutuhkan perhatian pada empat kunci berikut:

Pertama pengetahuan, ketahui apa yang Anda konsumsi dan efeknya untuk tubuh. Perkaya pengetahuan dengan menghitung angka kebutuhan kalori berdasarkan berat badan dan usia Anda, kemudian cari tahu menu makanan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan cukup, artinya tidak kekurangan tetapi juga tidak berlebihan.

Kedua uang, siapa bilang mengomsumsi makanan sehat selalu mahal?dengan membuatnya sendiri, justru harga yang akan dikeluarkan akan lebih sedikit. Beri juga sedikit kreativitas, misalnya mengolah kembali hidangan yang bersisa sehingga anggota keluarga tetap semangat menyantapnya.

Ketiga waktu, menyiapkan waktu memang terbilang sulit ditengah padatnya rutinitas. Ini bisa diakalai dengan memperkaya teknik-teknik dan variasi masakan, atau dengan dibantu alat yang mampu mempercepat proses penyajian makanan.

Keempat komitmen, diperlukan komitmen tinggi untuk konsisten menyajikan hidangan bergizi bagi keluarga. Untuk membentuk kebiasaan baru ini, Anda bisa membayangkan manfaat yang di dapat dari menyajikan hidangan rumahan. Efeknya besar, mulai dari manfaat kesehatan, ekonomis, hingga ikatan kuat keluarga.

Sumber: tabloid Nova 1391

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *





You might also likeclose