Mitos Diet

Berapa banyak petuah diet yang sudah Anda ketahui?banyak sekali petuah diet yang kita dengar,tapi kadang kita tidak tahu pasti kebenarannya. Berikut beberapa fakta tentang petuah diet,pastikan Anda tidak salah memahaminya.

1. Makan malam membuat gemuk

Bukan masalah waktu kapan Anda makan,tapi berapa kalori yang masuk dan yang keluar?apa saja yang sudah Anda makan dan aktivitas apa saja yang Anda lakukan? Anda makan sedikit di malam hari, tapi seharian Anda sudah makan banyak dengan aktivitas yang sedikit, maka tubuh akan tetap menyimpan kelebihan kalori itu dalam bentuk lemak.

2. Air es bikin gemuk

Banyak orang beranggapan bahwa kandungan lemak dan minyak dari makanan akan menggumpal menjadi lemak beku, jika kita minum air es selesai makan. Kenyataannya, tubuh kita menghasilkan panas, sehingga suhu di dalam organ pencernaan lebih tinggi daripada suhu di rongga mulut. Lemak beku yang menempel ini akan larut dengan sendirinya saat masuk ke organ pencernaan. Artinya, dengan atau tanpa es, lemak akan tetap masuk ke tubuh. Sehingga, bukan esnya yang jadi masalah, tapi jenis makanan, porsi, dan kalorinya.

3. Bakar kalori dengan keringat

Pernah dengar istilah ’gemuk air’? Hal ini menggambarkan orang yang berusaha mengeluarkan keringat sebanyak mungkin agar bobot tubuhnya tidak bertambah. Alhasil, banyak yang memaksa diri berolahraga secara keras, untuk memacu keluarnya keringat. Padahal, lemak baru terbakar setelah 20 menit latihan. Tetapi, bersamaan dengan itu, intensitas olahraga yang tinggi sejak awal telah menguras tenaga Anda. Akhirnya, Anda berhenti di saat tubuh mulai membakar lemak. Sayang, ’kan?
4. Semua produk susu tidak sehat dan menggemukkan.
Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt sebenarnya mengandung nutrisi penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Di antaranya sebagai sumber protein, zat besi, dan beberapa vitamin B. Beberapa produk susu yang tinggi kalsium dan mineral malah mampu membantu mendapatkan tulang yang kuat dan sehat serta memperkecil kemungkinan osteoporosis. Agar manfaat pada susu bisa tetap Anda rasakan, saat berdiet konsumsilah produk susu yang rendah lemak, seperti susu skim atau semi-skimmed , yogurt, atau keju rendah lemak.
5. Teh itu melangsingkan
Tubuh kita sebagian besar tersusun oleh cairan. Fakta ini benar. Namun, tidak benar jika untuk langsing, Anda lantas mengonsumsi teh herba yang mengandung diuretik untuk memaksa keluarnya cairan dari tubuh. Sebab, bahan aktif yang terdapat dalam teh bisa mengubah keseimbangan elektrolit dalam tubuh, sehingga otak akan merespons dengan munculnya rasa haus untuk memenuhi kebutuhan ini. Alhasil, berat yang sempat turun berangsur akan kembali naik. Parahnya, praktik yang berulang akan menyebabkan kerusakan ginjal, karena dipaksa bekerja keras melebihi kapasitas.
6. Hindari kopi saat diet

 

Ternyata kandungan kafein dalam kopi justru bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Dan otomatis dgn peningkatan metabolisme , tubuh Anda akan membakar lemak lebih banyak. Selain itu kopi mengandung kalori yang kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *





You might also likeclose