Self-Hypnosis Diet

(selfhypnosis4weightloss.com)

(selfhypnosis4weightloss.com)

Adalah kekuatan pikiran dan mental Anda yang berperan kuat mengendalikan perilaku diet Anda. Dan tanpa harus berkonsultasi atau meminta bantuan seorang ahli hipnosis, Anda sendiri juga bisa melakukan self-hypnosis. Caranya dengan menanamkan pemikiran tertentu ke dalam otak Anda secara berulang-ulang.
Setelah beberapa kali latihan, maka Anda akan merasa cukup kuat untuk menangkal keinginan misalnya nafsu makan berlebihan atau keinginan untuk mengonsumsi atau ngemil makanan yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa contoh situasi saat nafsu makan Anda mendadak muncul dan cara mengendalikannya dengan self-hypnosis:

Situasi 1: Roti dan kuenya harum sekali dan sepertinya enak. Saya ingin membeli yang banyak. Siapa tahu saya butuh memakannya kapan-kapan.
Pikirkan: Baunya memang harum sekali, tetapi saya baru saja makan roti dan kue satu jam yang lalu jadi saya tak butuh memakannya lagi sekarang.

Situasi 2: Ah, tidak ada yang melihat saya makan. Jadi tidak masalah saya makan semau saya.
Pikirkan: Apapun yang saya makan sejak pagi hingga sebelum tidur dihitung semua total per harinya. Jadi saya akan makan secukupnya sesuai jumlah asupan kalori harian saya.

Situasi 3: Saya harus menghabiskan semua makanan yang tersaji di piring karena saya tidak boleh menyia-nyiakan makanan.
Pikirkan: Perut saya bukan tempat sampah, saya tidak akan memasukkan ke perut semua makanan di piring ini sekaligus.

Situasi 4: Saya butuh makan coklat batangan ini karena hari ini sangat berat dan melelahkan.
Pikirkan: Makan dengan emosional bukan solusi sebuah masalah. Saya harus menyelesaikan masalah dan mengatur yang akan saya lakukan esok tanpa melibatkan makanan.

Situasi 5: Saya baru saja membuka sebungkus biskuit jadi saya akan menghabiskan sisanya, toh saya sudah membuka bungkusnya.
Pikirkan: Oke, baiklah, saya mungkin sudah terlanjur memakan sesuatu tanpa rencana, tetapi sekarang saya sudah berhenti makan dan kembali ke jalur diet saya yang benar.

Self-Hypnosis Metode Remote Control

Jika suatu kali tiba-tiba Anda ingin ngemil coklat, es krim, atau kue manis, cobalah pikirkan metode berikut ini:
Bayangkan Anda sedang memegang remote control perilaku Anda sendiri. Ketika ada coklat merasuki pikiran Anda, tekan tombol PAUSE pada remote control tersebut. Bayangkan Anda sedang makan coklat tersebut.
Pencet FAST FORWARD ke depan sampai waktu 5 menit Anda sudah selesai makan coklat tersebut. Bagaimana perasaan Anda? Merasa bersalah? Menyesal? Pencet REWIND ke posisi waktu sekarang dan bayangkan Anda melawan godaan atau nafsu makan coklat tersebut.
Jika godaan belum hilang, FAST FORWARD lagi 5 menit ke depan dan rasakan bagaimana semakin nyatanya penyesalan Anda setelah makan coklat. Tekan PAUSE lagi untuk mengingatkan Anda apa konsekuensinya jika menuruti nafsu makan Anda. Anda lah yang punya kekuatan untuk mengendalikan nafsu makan. Hal itu adalah pilihan Anda!

Sadar dan Perhatikan Perbedaan Tiga Hal Berikut

Pastikan Anda sadar dan tahu benar apa yang sedang Anda alami, apakah sedang lapar, nafsu makan, atau kecanduan makanan.
Lapar: adalah saat Anda tak makan sesuatu selama tiga jam dan Anda mulai merasakan sensasi keroncongan di perut.
Nafsu makan: adalah saat Anda baru saja selesai makan besar tetapi Anda masih merasa kurang dan ingin makan lagi. Atau, Anda baru saja makan besar dua jam yang lalu tetapi otak hanya memikirkan makanan melulu.
Kecanduan makanan: adalah munculnya keinginan yang kuat atau tak tahan ingin makan makanan jenis tertentu yang biasanya akibat sehabis mencium aromanya atau melihat seseorang memakannya.

Selamat mencoba!

sumber : duniafitnes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *





You might also likeclose